Sabtu, 20 Februari 2016

Anthony Bachtiar; Material Alami dalam Busana Ready To Wear


 Kecintaan Anthony Bachtiar dalam dunia fashion dimulai dari menjadi photographer komersial, sebut saja Giordano dan Lee Cooper pernah ia tangani. Javadiva ialah label fashion yang Anthony dirikan pada tahun 2003, melalui label ini Anthony memperkenalkan koleksi busananya sekaligus memperkenalkan kain - kain nusantara kepada generasi muda.

Selain menggunakan kain tradisional khas Indonesia, Anthony Bachtiar juga membawa isu green kedalam koleksi busana ready to wear nya. Keseluruhan koleksinya yang ia tampilkan pada Jakarta Fashion Week 2016 ini merupakan hasil tenunan yang menggunakan bahan alami, adapun warna - warna tersebut berasal dari pepohonan seperti daun mangga, daun mahony, dan bunga indigo. Psychedelic merupakan tema yang ia pilih untuk koleksinya kali ini, tema ini ia padu dengan menggunakan motif dan unsur indonesia yang kental.















Kepiawaiannya dalam mengolah bahan pewarna alami tanpa merusak alam sangatlah baik untuk diapresiasi, penggunaan motif serta kain tenun demi melestarikan budaya bangsa pun sangat terasa dalam koleksi ini. Namun sepertinya hal tersebut tidak cukup dalam membuat sebuah busana, terlihat dari koleksinya kali ini, Anthony belum mampu untuk menggunakan kepiawaiannya tersebut untuk membuat busana yang mengedepankan unsur kekinian.

Koleksi Psychedelic ini terlihat kuno dan masif, meskipun dengan tehnik pembuatan material yang rumit, namun tidak ditunjang dengan permainan detail yang pas. Kombinasi detail yang sederhana dengan bentuk busana yang cinderung old school, membuat koleksi ini seperti dirancang oleh desainer dari tahun 80-an. 

Bayu Raditya Pratama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar